Rabu, 13 Januari 2010

Scanning Port Menggunakan nMap

Berikut adalah hasil dari scanning port yaag telah saya lakukan di sebuah kampus...

Target : 10.0.1.136





Target : 10.0.1.136


Fungsi dari Service yang digunakan :
· Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. Telnet digunakan untuk melakukan remote login ke suatu server dari jarak jauh. Koneksinya menggunakan port 23.
· RPC (Remote Procedure Call). Menyediakan mekanisme client/server pada sistem operasi Windows NT.
· NetBIOS. Memberikan layanan terkait dengan session layer dalam model OSI, mengijinkan aplikasi komputer yang terpisah untuk berkomunikasi melalui LAN.
· RDP (Remote Desktop Protocol) adalah protocol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Service dan Remote Desktop. Merupakan protokol yang digunakan dalam Microsoft NetMeeting.
· HTTP (Hyper Text Transfer Protokol). Digunakan untuk mengambil sumber daya terkait yang disebut Hypertext Document. Koneksinya melalui port 80.
· SSH (Secure Shell), Port ini ini adalah port standar untuk SSH, biasanya diubah oleh pengelola server untuk alasan keamanan. Koneksinya melalui port 21.
· Port server FTP digunakan oleh File Transfer Protocol. Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21.
· Network Time Protocol (NTP), port yang digunakan untuk sinkronisasi dengan server waktu di mana tingkat akurasi yang tinggi diperlukan. Koneksinya menggunakan port 123.
· Identd atau auth port server. Kadang-kadang diperlukan oleh beberapa layanan lama (seperti SMTP dan IRC) untuk melakukan validasi koneksi. Koneksinya menggunakan port 113.
· DNS, atau Domain Name Server port. Name Server menggunakan port ini. Digunakan untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan penerjamahan nama domain ke IP Address. Koneksinya menggunakan port 53.
· SMTP, Simple Mail Transfer Protocol, atau port server mail, merupakan port standar yang digunakan dalam komunikasi pengiriman email antara sesama SMTP Server. Koneksinya menggunakan port 25.

0 komentar:

Posting Komentar