Selasa, 06 April 2010

untitled

Unicast
Unicast merupakan alamat IPv4 yang ditentukan untuk sebuah interface jaringan yang dihubungkan ke sebuah internetwork IP. Alamat unicast disebut sebagai logic address karena alamat ini merupakan alamat yang diterapkan pada lapisan aringan dalam DARPA Reference Model dan tidak memiliki relasi yang langsung dengan alamat yang digunakan pada lapisan interface jaringan dalam DARPA Reference Model. Alamat unicast digunakan dalam komunikasi point-to-point atau one-to-one.

Broadcast
Alamat broadcast untuk IP versi 4 digunakan untuk menyampaikan paket-paket data "satu-untuk-semua". Jika sebuah host pengirim yang hendak mengirimkan paket data dengan tujuan alamat broadcast, maka semua node yang terdapat di dalam segmen jaringan tersebut akan menerima paket tersebut dan memprosesnya. Alamat IP broadcast hanya dapat digunakan sebagai alamat tujuan saja, sehingga tidak dapat digunakan sebagai alamat sumber.
Ada empat buah jenis alamat IP broadcast, yakni network broadcast, subnet broadcast, all-subnets-directed broadcast, dan Limited Broadcast. Untuk setiap jenis alamat broadcast tersebut, paket IP broadcast akan dialamatkan kepada lapisan interface jaringan dengan menggunakan alamat broadcast yang dimiliki oleh teknologi interface jaringan yang digunakan. Alamat broadcast digunakan dalam komunikasi one-to-everyone.

Multicast
Alamat Multicast merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda. Alamat multicast digunakan dalam komunikasi one-to-many.

Anycast
Jaringan Anycast adalah pengalamatan dan routing data dimana skema diteruskan ke tujuan "terdekat" atau "terbaik" yang terlihat dalam topologi routing. Di internet, anycast biasanya diimplementasikan dengan menggunakan BGP untuk secara bersamaan mengumumkan IP address tujuan yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar